Tips Sukses Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri; UGM,UI,UNDIP,UNS,DLL


Black In News: Tak terasa setelah setahun lalu saya merasakan pertempuran mendapatkan salah satu kursi di PTN (perguruan tinggi negeri) sekarang sudah mau memasuki lagi musim perang tersebut. Ujian masuk PTN memang saat-saat yang ditunggu sekaligus ditakuti para lulusan siswa-siswi SMA maupun orang-orang yang ingin mencoba lagi peruntunganya di medan perang ini. Untuk menghadapi Peperangan yang akan segera datang tentu kita tidak hanya bisa berpangku tangan saja.Semua perlu perjuangan dan pengorbanan.Berikut ini saya berikan tips-tips sukses menghadapi Ujian Masuk PTN berdasar pengalaman pribadi saya mengikuti berbagai macam Ujian Masuk Tahun lalu.



1. Belajar giat


Belajar tentunya adalah hal yang mendasar untuk menghadapi semua ujian. Tapi dalam menghadapi Ujian Masuk belajar yang biasa kita lakukan mungkin masih sangat kurang.  Saya menyarankan untuk paling tidak 30 hari sebelum hari ujian kita harus benar-benar fokus belajar untuk test Ujian Masuk. Mungkin juga hal ini masih akan menyebabkan kebingungan kita membagi antara belajar untuk Ujian Masuk dan Belajar untuk Ujian Nasional (untuk test ujuan masuk yang diadakan sebelum Ujian nasional). Untuk itu saya menyarankan agar lebih awal lagi memfokuskan diri untuk belajar buat UNAS. Janganlah selalu mengamngap UNAS masih jauh makanya kita selalu mengundur-undur untuk mulai belajar. Dengan itu kita tidak akan merasa rugi menyisakan 30 hari untuk focus belajar buat Ujian Masuk. Toh pelajaran yang dipelajari di Persiapan Ujian Masuk juga sama dengan saat belajar Ujian nasional.


2. Ikut bimbingan belajar khusus Ujian masuk (bagi yang mampu)


Bagi yang mempunyadi dana lebih sangat disarankan mengikuti bimbingan belajar khusus untuk menghadapi Ujian masuk. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari ikut bimbingan belajar tersebut. Dengan ikut bimbel kita akan dikasih tau kisi-kisi soal yang munkin akan keluar saat Ujian Masuk beserta pembahasanaya. Selain itu jikalau kita masih tidak paham dengan soalnya kita masih bisa meminta untuk dijelaskan lagi.


3. Perbanyak ikut try out


Try out walau bagi sebagian orang dianggap cuma buang-buan uang saja ternyata sangat beguna buat kita. Dengan sering ikut try out kita jadi bisa mengetahui bagaimana macam-macam soal yang akan keluar saat ujian nanti. Selain itu try out adalah ajang yang bagus untuk mengetahui hasil belajar kita. Buat yang ikutan bimbel juga jangan sampai melewatkan try out yang diadakan. Dan bagi yang ikut try out jangan langsung pulang setelah selesai tetapi ikuti juga pembahasanya karena itulah yang seharusnya kita tunggu-tunggu. Jangal lupa juga untuk melihat hasil nilai kita.


4. Pelajari soal-soal Ujian Masuk Beberpa Tahun lalu


Setelah belajar giat inilah saatnya kita menerapkan ilmu yang telah kita pelajari.Yakkk inilah saatnya kita mencoba untuk mengerjakan soal-soal Ujian Masuk pada beberapa tahun sebelumnya. Saya menyarankan untuk benar-benar mengerjakan Soal  dari 5 tahun sebelumnya. Kalau masih ada waktu luang tak ada salahnya juga kalau mau dari tahun yang lebih lama lagi.


5. Jangan Terlalu Percaya dengan Passing Grade


Passing grade adalah hal yang paling dicari-cari menjelang ujian masuk digelar. Passing grade juga sering dijadikan patokan untuk menentukan jurusan yang akan mereka pilih. Saran saya adalah jangan melihat angka maupun persenan di passing grade karena rata-rata semua bimbel yang mengeluarkan passing grade memiliki angka/persen yang berbeda-beda. Jangan sekali-sekali percaya dengan  orang yang mengatakan mendapat passing garde langsung dari PTN karena PTN tidak pernah mengeluarkan Passing grade. Satu-satunya yang bisa kita percaya dari Passing grade adalah urutan jurusanya, rata-rata urutab jurusan dalam berbagai passing grade yang ada itu sama. Jadi gunakanlah untuk memilih urutan jurusan yang akan kita pilih. Misalnya jurusan A berada di peringkat 5 dan jurusan B berada di peringkat 8, dari itu kita harus memilih jurusan A lebih dulu baru jurusan B, jangan malah sebaliknya. Oh iya kenapa saya menganjurkan untuk jangan melihat angka/persen pada passing grade juga dikarenakan agar kalian tidak berpatokan pada persentase yang ada pada passing grade.


6. Pilihlah Jurusan yang Sesuai


Memilih jurusan ternyata juga sangat menentukan. Jangan sekali0kali memilih jurusan yang tidak anda sukai dengan alasan apapun karena anda akan menyesal nantinya. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Konsultasi dengan orang tua dan guru sangat penting dalam menentukan jurusan yang akan anda pilih. Jurusan yang anda pilih sangat menentukan kesuksesan anda, jadi jangan main-main dalam menentukannya. Oh ya  selain yang diatas kita juga harus menyesuaikan jurusan yang akan kita pilih dengan kemampuan kita. Janganlah kita memaksakan mengambil jurusan yang grade nya tinggi kalau tidak sesuai kemampuan kita. Ikuti kata hatimu sendiri jangan ikut-ikutan teman bahkan pacar karena memang kemampuan kita berbeda-beda.


7. Sehari sebelum Ujian Buat Istirahat dan Cari Ruang Ujian


Hal ini mungkin dianggap sepele tapi ternyata mengistirahatkan pikiran kita yang telah lelah belajar di 1 hari sebelum ujian itu sangat berguna. Anda tidak usah merasa takut menjadi bodoh hanya karma refresing 1 hari saja, karena saya yakin otak anda juga sudah penuh dengan belajar berbulan-bulan. Jadi istirahatkan di 1 hari tersebut. Manfaatkan hari tersebut untuk mngecek dimana ruang ujian anda agar tidak kualahan pada pagi harinya setelah itu malamnya bolehlah mengulang belajar lagi.tapi saya sarankan hanya menggarap soal saja jangan memasukan ilmu lagi..sudah penuhhh otak anda nanti ndak luberrr.hahahaaaa


8. Datang Pagi-pagi dan Manfaatkan waktu beberapa jam sebelum ujian dimulai


Pengalaman saya tahu lalu ternyata waktu beberapa jam menjelang ujian itu sangat menentukan.gunakan waktu sebaik-baiknya untuk beradaptasi dengan lingkungan. Gunakan waktu luang sebelum ujian sebagai sarana kita menghilangkan grogi kita jangan malah tegang belajar terus..ada kalanya intiplah kedalam ruangan yang anda pakai ujian untuk mengetahui susunan kursinya. Kalau sudah tiba saatnya ujian bawa alat tulis secukupnya saja..bawa tempat pensil kalau perlu.Oh iya kalau kata guru saya dulu jangan memakai 2 buah pensil untuk mengerjakan.katanya she nanti ada yang ga ke scan.tapi itu juga Cuma KATANYA.heheheee


9. Sebelum Ujian Dimulai BERDOA…

Nah itulah beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman saya mengikuti ujian masuk tahun lalu.Moga bermanfaat buat adik-adik yang akan mengikuti Ujian Masuk PTN. Harapan saya moga yang membaca artikel saya ini diterima di PTN yang diinginkan.AMIN….salam dari penulis "SEMOGA SUKSES"





(by: afree suported by: Djarum Black)






2 komentar:

deni mengatakan...

info yang bermancaat bro

Anonim mengatakan...

live for life and death for is death
if u know you will say this my life

Posting Komentar