Apa Itu Egois ??


Apa itu "Egois"?? Egois adalah perasaan atau rasa dimana kita hanya melihat dari satu sisi dan mengacuhkan sisi yang lain,dengan kata lain egois adalah rasa dimana kita hanya mementingkan kesenangan kita sendiri tanpa melihat orang lain disekitar kita. Egois dimiliki oleh semua orang dari lapisan manapun. Setiap orang kadang menjadi munafik saat ditanya apakah dirinya egois atau tidak.

Tak dapat dipungkiri memang manusia tidak lepas dari sifat Egois. Tapi tentu saja kadar keegoisan manusia berbeda-beda. Banyak orang yang cenderung menjadi egois hanya dalam hal tertentu tapi ada juga orang yang sifat egoisnya sangat menonjol. Sebagai makhluk sosial manusia dituntut untuk tidak hanya mementingkan dirinya melainkan harus peduli pada sesama. Dengan kata lain manusia harus sebisa mungkin meminimalkan sifat egoisnya ataupun belajar untuk mengendalikan keegoisanya.

Banyak cara mengendalikan rasa egois, salah satunya yaitu dengan belajar bersabar. Dengan bersabar kita akan bisa mengendalikan diri kita, pikiran akan tenang, dan rasa ingin menang sendiri tidak akan terlintas dipikiran kita. Cara lainya adalah dengan selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah. Dengan musyawarah kita akan menenghasilkan suatu putusan yang didasari rasa kebersamaan yang bukan berasal dari keegoisan tiap individu. Intinya kita harus belajar mengendalikan diri, selalu berfikir sebelum bertindak, dan sebisa mungkin selesaikan dengan musyawarah. Bagaimanapun egois adalah sifat jelek manusia yg perlu kita hindari sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk tuhan yang diciptakan untuk saling membantu dan menjaga tali silaturohmi antar manusia.

(by : afriyan rp)


1 komentar:

Anonim mengatakan...

ya,,itulah manusia...trims,ertikelnya
bagus sekali.

Posting Komentar